Kenali Beberapa Penyebab Jatuhnya Harga Jual Motor Bekas

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Tria Motor, Cilodong, Depok, Rabu (31/1/2018).

- Seiring masa pemakaian, harga sepeda motor biasanya mengalami penurunan saat akan dijual kembali. Sepeda motor yang dimasudkan di sini adalah kendaraan yang dijual belikan untuk penggunaan harian. Bukan yang diburu untuk menyalurkan hobi.

Besaran penurunan harga sepeda motor cenderung tidak merata. Ada beberapa hal yang mempengaruhi jatuh atau tidaknya harga motor di pasaran motor bekas.

Kompas.com mencoba merangkum beberapa penyebab jatuhnya harga motor berdasarkan keterangan pengelola beberapa diler yang ditemui di Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Rabu (31/1/2018). Berikut penyebabnya:


Hampir semua diler motor bekasi menolak membeli motor yang sudah dimodifikasi. Penyebabnya karena konsumen yang datang ke diler motkas hanya mau membeli motor yang masih standar. Apalagi diler motor bekas yang bekerja sama dengan leasing biasanya disyaratkan hanya boleh menjual motor standar.

Satunya-satu diler yang mau menerima motor modifikasi adalah Kembar Motor yang ada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sang pemilik diler, Ahmad Budiharja menyatakan bersedia membeli motor modifikasi. Namun dengan harga yang lebih murah. Tidak

Sebagai contoh, jika harga pasaran motor tersebut Rp 6 juta, maka Ahmad hanya bersedia membeli dengan harga Rp 4,5 juta. Sebab Rp 1,5 juta akan digunakan untuk biaya mengembalikan motor tersebut ke kondisi standar. Tak peduli berapa biaya yang dihabiskan untuk memodikasi motor tersebut.

Baca juga : Motor Jenis Ini Tidak Diterima di Diler Motor Bekas

"Modifikasi memang bagus kalau di komunitas. Tapi tidak untuk penjual," ujar Ahmad.

Semakin baik dan mulusnya kondisi kendaraan, maka semakin baik pula harga jual motor tersebut di pasaran motor bekas. Sebab diler menganggap motor bisa siap pakai dan bisa langsung dipajang.

Kondisi sebaliknya terjadi jika motor sudah rusak di beberapa bagian. Kawoh, seorang tenaga pemasaran di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur menyatakan diler tidak mungkin memajang motor yang rusak, misalnya body yang pecah ataupun rantai gir yang sudah aus.

Karena itu motor yang dijual dalam kondisi rusak harus diperbaiki terlebih dahulu. Biaya perbaikan iniah yang dibebabkan ke pemilik motor. Caranya dengan menghargai murah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel