ITS Mau Produksi Sepeda Motor Listrik Jarak Dekat

Ekspedisi menggunakan mobil listrik Blits dan Kasuari tiba di Jakarta. Tim Eksplor Indonesia ini akan menempuh jarak 15.000 km keliling Indonesia untuk menguji coba mobil listrik buatan mahasiswa tersebut

- Prestasi tim kendaraan listrik Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS) Surabaya sudah tidak diragukan lagi. Produk kendaraan listrik mereka seperti Gesits sudah mau diproduksi massal.

Terbaru garapan mereka adalah kendaraan listrik Blits, buah kerja sama dengan Universitas Budi Luhur dan ITS, untuk berlaga di Reli Dakkar. Saat ini Blits tengah diuji coba dalam perjalanan ekspedisi keliling Indonesia.

Lantas apa rencana berikutnya dari penemu muda Indonesia ini ke depanya? Setelah sepeda motor Gesit akhirnya diproduksi dalam sekala besar, tim Pusat Unggulan IPTEK-Sistem Kontrol Otomatis (PUI-SKO) akan menciptakan kendaraan listrik lainnya.

"Kalau soal Gesits tentu sudah lepas ya. Kita tidak bicara itu lagi. Tahun depan, 2019, kita harapkan bisa menciptakan kendaraan listrik, sesuai permintaan," ucap Project Leader mobil listrik Blits, Yoga Uta Nugraha saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pemikiran ini didasarkan pada kenyataan bahwa pihaknya banyak mendapatkan pertanyaan mengenai pembuatan sepeda motor listrik saat pameran. Namun saat itu karena belum membuka pemesanan, permintaan ditolak.

"Bikin sepeda listrik kecil-kecil, buat di komplek perumahan atau perkantoran, bisa juga di komplek perhotelan. Sesuai order aja," ucap Uta.

Kesempatan ini terbuka sebab tim ITS sudah memiliki produk serupa moped dengan keranjang depan yang dapat digunakan untuk kegiatan jarak dekat. Harapannya mereka mendapat permintaan untuk membuat kendaraan jenis tersebut.

"Semoga saja setelah selesai proyek Blits, kita bisa jalankan," ucap Uta.

Tim ekspedisi Blits sendiri saat ini tengah melakukan perjalanan sejauh 15.000 km. Setelah pulau Jawa mereka akan berangkat ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga kembali ke kampus mereka di Surabaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel