Mini 3-Door Jadi Model Terlaris di Indonesia
- Dari semua model Mini yang dipasarkan di Indonesia, ternyata Mini tiga pintu alias 3-Door jadi varian yang terlaris. Berdasarkan data penjualan, Mini 3-Door berkontribusi hampir 50 persen dibandingkan model lainnya.
"Dari data Year to Date (YTD) 2018 dan 2019 dalam periode yang sama di Januari dan Februari ada peningkatan 25 persen. Untuk penjualan tertinggi masih 3-Door dengan kontribusi 50 persen," ujar Vice President Corporte Communication BMW Group Jodie O'tania, di Bandung, beberapa hari lalu.
Menurut Jodie, mendominasinya Mini 3-Door memang dikarenakan jenisnya yang cukup ikonik. Para penggemar Mini dulunya juga lebih sering menggunakan model ini sehingga dari segi model, Mini tiga pintu jauh lebih populer.
"Mini 3-Door itu memang feel Mini-nya berbeda, lebih terasa dan ikonik sekali, jadi memang lebih banyak (penjualan). Baik di Bandung, Jakarta, Surabaya popolasinya lebih banyak 3-Door," ucap Jodie.
Kondisi tersebut yang mendasari Mini meluncurkan varian terbatas 3-Door Black Edition di Bandung. Model yang hanya dipasarkan enam unit tersebut dirilis bersamaan dengan peresmian Mini Maxindo pop-up store yang merupakan sebuah gerai penunjang gaya hidup penggemar Mini.
Tidak hanya memasarkan apparel Mini saja, gerai tersebut juga menerima pesanan pembelian unit Mini bahkan dilengkapi dengan fasilitas quick servis yang bisa digunakan pemilik Mini di Bandung untuk melakukan perawatan berkala atau perawatan ringan.
Menurut President Director PT Maxindo International Nusantara Indah Joe Surya, Mini 3-Door juga laris di Bandung, namun dengan adanya Mini pop-up store, Joe berharap populasi Mini bisa lebih berkembang di Bandung.
"Secara keseluruhan 3-Door memang mendominasi, termasuk di Bandung. Untuk tahun ini target seperti biasa, sebanyak-banyaknya. Kalau di Bandung dengan adanya pop-up storekami harap bisa menjual sembilan sampai 10 unit per bulan untuk semua model Mini yang kita pasarkan," kata Joe.