Honda Masih Jadi Raja Sedan Kuartal I/2018
PT Honda Prospect Motor, masih menjadi juaranya penjualan sedan di dalam negeri. Sepanjang tiga bulan pertama 2018 ini, merek asal Jepang ini berhasil memperoleh sampai 992 unit.
Memang, di dalam negeri tidak begitu difavoritkan seperti segmen lain seperti mobil multiguna atau SUV . Namun jangan salah paham, bukan tanpa alasan hal itu terjadi.
Pemerintah bahkan memandang positif pasar sedan, yang akan terus dikembangkan melalui regulasi baru. Mobil sedan ke depannya tidak lagi punya pajak mahal, dan akan digenjot untuk bisa dijual ke pasar mancanegara alias ekspor.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda memiliki pangsa pasar sedan secara total sampai 52,85 persen. Jika dirinci secara detail, Honda memang cukup kuat di kelas sedan mini dan small, lewat model City dan Civic.
Sementara pada urutan kedua ada Toyota yang memperoleh 450 unit dengan market share 23,97 persen. Dikuti pada posisi ketiga yaitu BMW dengan 322 unit kebagian jatah 17,16 persen.
Lalu peringkat empat dan lima ditempati Mazda 75 unit (4,00 persen) dan Lexus 23 unit (1,23 persen. Baru sisanya ada Nissan 8 unit (0,43 persen), VW 5 unit (0,27 persen) dan Audi 2 unit (0,11 persen).
Ketika dibagi per segmen, pihak Gaikindo mengkategorikan sedan ke dalam lima kelas mulai dari mini sedan, small, medium, lower-high, upper-high dan sport segmen. Berikut daftar lengkapnya.